SIFAT – SIFAT CAHAYA || IPA SMP KELAS 8

Cahaya sangat bermanfaat bagi kita. Cahaya membantu penglihatan kita sehingga kita dapat mengamati semua benda yang berada di sekitar kita. Kita dapat melihat benda karena ada pantulan cahaya dari benda masuk ke mata kita.

Benda – benda di sekitar kita dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu sumber cahaya dan benda gelap. Sumber cahaya adalah semua benda yang dapat menghasilkan cahaya sendiri. Sedangkan benda gelap adalah benda yang tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri. Benda gelap dikelompokka menjadi tiga, yaitu benda tembus cahaya, benda tidak tembus cahaya, dan benda bening. Benda tembus cahaya adalah benda yang dapat meneruskan Sebagian cahaya. Benda tidak tembus cahaya adalah benda yang tidak dapat meneruskan cahaya. Benda bening adalah benda yang dapat meneruskan hampir seluruh  cahaya yang mengenainya.

Cahaya memiliki beberapa sifat, yaitu cahaya merambat lurus, cahaya dapat dipantulkan, cahaya dapat dibiaskan, dan cahaya merupakan gelombang elektromagnetik.

1. Cahaya Merambat Lurus

Jika kita berada dalam suatu ruangan yang terdapat sebuah cela, seperti ventilasi atau jendela, dari luar tampak berkas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Bila diperhatikan berkas cahaya itu lurus, tidak bengkok.

2. Cahaya dapat Dipantulkan

Cahaya memiliki sifat dapat dipantulkan jika menumbuk suatu permukaan bidang. Pemantulan yang terjadi dapat berubah pemantulan baur dan pemantulan teratur. Pemantulan baur terjadi jika cahaya dipantulkan oleh bidang tidak rata, seperti aspal, tembok, dan batang kayu. Pemantulan teratur jika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata, seperti cermin datar. Pada pemantulan baur dan pemantulan teraut, sudut pantulan cahaya besarnya selalu sama dengan sudut datang cahaya.

Hal tersebut adalah sesuai dengan hukum pemantulan cahaya yang dikemukakan oleh Snellius. Snellius menambahkan konsep garis normal yang merupakan garis khayal yang tegak lurus dengan bidang pantul. Garis normal berguna untuk memudahkan dalam menggambar pembentukan bayangan oleh cahaya. Snellius mengemukakan bahwa:

  • Sinar datang, garis normal, dan sinar pantul terletak pada suatu bidang datar.
  • Besar sudut datang sama dengan besar sudut pantul.3. Cahaya dapat Dibiaskan

Cahaya akan dibiaskan Ketika melalui dua medium yang memiliki kerapatan optic yang berbeda. Kecepatan cahaya akan menurun saat dari udara memasuki air atau medium yang lebih rapat. Semakin besar perubahan kecepatan cahaya saat melalui dua medium yang berbeda, akan semakin besar pula efek pembiasan yang terjadi. Namun, pembiasan tidak akan terjadi saat cahaya masuk dengan posisi tegak lurus bidang batas kedua medium.

(a) pembiasan berkas cahaya, (b) pembiasan pada sendok di dalam gelas berisi air

4. Cahaya Merupakan Gelombang Elektromagnetik

Cahaya dapat mentransfer energi dari satu tempat ke tampat yang lain tanpa menggunakan medium. Gelombang cahaya terbentuk karena adanya perubahan medan magnet dan medan listrik secara periodi, sehingga merupakan gelombang elektromagnetik.

Salah satu fenomena yang dapat membuktikan bahwa cahaya itu mampu mentransfer energi adalah saat lilin yang dinyalakan di sebuah ruang yang gelap dan kemudian lilin tersebut dapat menerangi ruangan. Contoh lainnya adalah matahari yang memancarkan gelombang cahayabya melalui ruang angkasa (tanpa medium). Gelombang cahaya matahari memancar ke segala arah sampai ke bumi meskipun melalui ruang hampa udara. Hal ini berari gelombang cahaya dapat merambat pada ruang kosong (hampa udara) tanpa adanya materi. Berdasarkan frekuensinya, gelombang elektromagnetik ada bermacam-macam. Berikut klasifikasi gelombang elektromagnetik yang dikenal spektrum elektromagnetik.

Sinar yang dapat dilihat oleh mata manusia adalah bagian yang sangat kecil dari spektrum elektromagnetik. Agar mudah memahaminya, perhatikan gambar berikut yang menunjukkan spektrum cahaya tampak. Cahaya tampak adalah cahaya yang memiliki Panjang gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh mata manusia. Panjang gelombang cahaya tampak  berkisar antara 400 nm sampai 700 nm, yang besarnya 100 kali lebih kecil daripada lebar rambut manusia. Warna cahaya yang dapat dilihat tergantung pada Panjang gelombang dari gelombang cahaya yang masuk ke mata.

Misalnya cahaya hijau yang memiliki panjag gelombang sekitar 500 nm akan dapat terlihat apabila benda-benda yang berwarna hijau  menyerap semua spektrum cahaya yang memiliki Panjang gelombang kurang dari 500 nm saja. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa sebuah benda hanya akan memantulkan spektrum cahaya yang warnanya sama dengan warna permukaan benda tersebut, sehingga kita dapat mengindrai dengan tepat warna- warna benda tersebut.

 

 

Sumber:

Zubaidah siti,dkk. 2018. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs KELAS IX. Jakarta: kementerian Pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia.

 

This entry was posted in IPA, KELAS 8, MATERI, SMP and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.