Perbedaan Semua dan Seluruh

Semua dan Seluruh

Suparmin

Hai Sobat, Khazanah! Bagaimana kabar hari ini? (1) Apakah semua baik-baik saja? (2) Apakah seluruh baik-baik saja? Nah, Sobat, mohon bantu saya menentukan mana pilihan kata yang tepat pada teks di atas. Manakah yang tepat, semua atau seluruh. Jika Sobat juga masih gamang, tidak usah risau. Mari kita simak penjelasan sederhana berikut.

Penggunaan kata semua ditekankan pada jumlah yang banyak, sedangkan pemakaian kata seluruh ditekankan pada satu benda yang merupakan kesatuan yang utuh. Semua berarti setiap anggota terkena atau termasuk dalam hitungan dan menekankan pada jumlah yang banyak. Seluruh berarti setiap anggota termasuk dalam hitungan, tetapi dalam pengertian kelompok atau kolektif. Agar semakin jelas, mari kita tilik contoh selanjutnya.

(3) Semua ruang kelas harus dibersihkan menjelang pemberlakuan kenormalan baru dalam pembelajaran.

(4) Seluruh ruang kelas harus dibersihkan menjelang pemberlakuan kenormalan baru dalam pembelajaran.

Semua ruang kelas menyiratkan makna adanya beberapa ruang kelas. Sementara itu, seluruh ruang kelas pada kalimat (4) mengandung pengertian adanya satu ruang kelas yang semua bagiannya harus dibersihkan.

Mari kembali membaca contoh (1) dan (2). Dari penjelasan di atas, sekarang Sobat sudah bisa memberikan jawaban, bukan? Berarti, pilihan yang tepat pada teks tersebut adalah kata semua (kalimat 1) sedangkan kata seluruh (kalimat 2) tidak berterima.

This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.